Headlines News :
Home » » Marak Tawuran, Razia Pelajar Perlu Digalakan

Marak Tawuran, Razia Pelajar Perlu Digalakan

Written By Unknown on Kamis, 27 September 2012 | 18.32


Ilustrasi  Siswa SMA/Rifa Nadia Nurfuada(Okezone)

JAKARTA - Untuk meminimalisasi aksi tawuran antarpelajar pihak sekolah tentu memiliki cara-cara tersendiri. Mulai dari memberikan pemahaman, penambahan kegiatan esktrakulikuler, maupun merazia barang-barang berbahaya yang mungkin dibawa oleh siswa.
Menurut Guru Bimbingan Konseling (BK) SMAN 1 Bekasi Sumi, cara untuk mengatasi aksi tawuran adalah dengan terus-menerus mengingatkan dampak dari tauwran. "Setiap upacara bendera atau Masa Orientasi Siswa (MOS) kami selalu memberikan pemahaman kepada siswa apa dampak dari tawuran. Terutama aspek hukum yang dapat menimpa mereka," ujar Sumi ketika berbincang dengan Okezone melalui telepon, Kamis (27/9/2012).

Dia menyebutkan, pihak sekolah pun cukup rutin melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang bawaan siswa. "Kami punya sebuah esktrakurikuler, yakni pelajar siaga yang sering memeriksa apa saja yang sering dibawa anak-anak ke sekolah. Jika memang ada barang berbahaya maupun benda tajam, maka akan dirazia dan disita," tukasnya.

Kemudian, lanjutnya, ada peraturan yang menetapkan siswa dilarang ke luar lingkungan sekolah selama kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung. "Setiap hari ada guru piket yang tidak akan memberikan izin kepada siswa untuk ke luar sekolah selama KBM untuk alasan apapun. Kecuali ada izin keluar dari orangtua," papar Sumi.

Meski mengaku jika siswa sekolahnya tidak pernah terlibat tawuran, Sumi selalu memberikan nasihat maupun pesan kepada para muridnya. "Memang ada lokasi rawan di titik-titik tertentu. Tapi kami selalu mengingatkan anak-anak, jika KBM telah selesai dan tidak ada kegiatan bermanfaat yang dilakukan, maka mereka harus langsung pulang. Kami juga mengingatkan agar mereka tidak memicu perkelahian, emosi tidak mudah terpancing, dan menghindari keributan," tuturnya.
(mrg)
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Mahasiswa Indonesia - All Rights Reserved