Headlines News :
Home » » Rektor UNM Inginkan SMK Industri Sutera dibangun di Soppeng

Rektor UNM Inginkan SMK Industri Sutera dibangun di Soppeng

Written By Unknown on Kamis, 27 September 2012 | 08.09


Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Arismunandar, MPd menawarkan konsep Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Industri Sutera kepada Bupati Soppeng. Sekolah ini nantinya akan mendidik siswa untuk mengembangkan ide dan kreativitas dalam melukis kain sutera. " Konsepnya bukan bagaimana siswa memelihara dan mengembangbiakkan murbai, tetapi disini diajarkan bagaimana melukis kain sutera sehingga menghasilkan karya seni yang bernilai ekonomi tinggi, " paparnya. 

Hal ini diungkapkannya dihadapan Bupati dan sejumlah muspida Kab. Soppeng saat melakukan supervisi KKN PPL Angkatan V diKabupaten Soppeng, Selasa, 18 September 2012.

Menurutnya, sudah saatnya membuat sekolah yang mampu mengolah potensi sumber daya alam yang dimiliki menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Apalagi, siswa yang dilahirkan nantinya akan memiliki kemampuan untuk berwirausaha. " Potensi sutera saya kira sangat tepat dikembangkan diSoppeng, " katanya.

Guru besar manajemen pendidikan ini juga mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Kab. Soppeng yang telah mau menerima dan membimbing dengan baik para mahasiswa KKN PPL. " Saya lihat wajah mahasiswa yang KKN disini cerah-cerah dan bertambah gemuk semua, ini membuktikan mereka bahagia dan terjamin selama pelaksanaan KKN PPL, " ucapnya.

Sementara itu, Bupati Soppeng, Drs A Soetomo, Msi sangat mengapresiasi ide pendirian sekolah tersebut dan berjanji akan membahasnya bersama pihak DPRD. Mewakili pemerintah dan masyarakat dirinya juga mengapresiasi pelaksanaan program KKN PPL Universitas Negeri Makassar (UNM) didaerahnya. Ini, terutama karena program ini secara langsung berkontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan yang merupakan salah satu prioritas pembangunan di Kab. Soppeng

Selain itu, Drs A Soetomo, MSi juga mengatakan bahwa KKN PPL ini adalah bentuk kongkrit pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberika pendidikan kepada masyarakat, sekaligus menjadi wahana bagi para mahasiswa dalam menganktualisasikan disiplin ilmu. " Selama ini keberadaan mahasiswa KKN selalu memberikan terobosan baru, terutama dalam hal mengatasi permasalahan pendidikan yang dihadapi disekolah, " puji Soetomo

Ia juga menambahkan bahwa partisipasi UNM dalam meningkatkan taraf pendidikan diSoppeng, tidak hanya dalam bentuk penempatan mahasiswa KKN, tetapi juga dalam bentuk lain, semisal pembimbingan guru dalam sertifikasi guru, kerjasama dalam penyetaraan akta IV. " Yang paling terbaru adalah pembinaan anak sekolah kami dalam bidang studi matematika, sehingga berhasil meraih juara II nasional OSN Matematika 2012, " ucapnya.

Program KKN PPL merupakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang digabungkan dengan kegiatan Praktik Pengenalan Lapangan yang berlangsung selama 3 bulan. Peserta KKN PPL UNM Angkatan V berjumlah 1.395 mahasiswa, 581 mahasiswa diantaranya ditempatkan di Kab. Soppeng. Selain melakukan supervisi KKN, Rektor UNM dan Bupati Soppeng juga menandatangani kesepakatan bersama peningkatan SDM dalam rangka otonomi daerah Kab. Soppeng dan pelaksanaan kajian penelitian dan riset bersama tentang pembangunan daerah.

Turut serta dalam kunjungan supervisi KKN PPL ini, Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat, Prof Dr Muh. Ardi, MS, para pembantu rektor, dekan dan pembantu dekan dilingkup UNM.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Mahasiswa Indonesia - All Rights Reserved