Headlines News :
Home » » Sonar, Software Pencari Berbasis Bahasa Indonesia

Sonar, Software Pencari Berbasis Bahasa Indonesia

Written By Muhammad Hidayat on Kamis, 27 September 2012 | 23.06

Image: Corbis
SURABAYA - Mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Surabaya, Jawa Timur, berhasil membuat program Sonar, "Sound of News Paper Indonesia" atau  program tanya jawab  berbasis  bahasa Indonesia. Dalam proggram sonar ini, pengguna internet  bisa melakukan  pencarian berita sesuai yang diinginkan hanya dengan menggunakan kata kunci siapa, di mana, kapan, dan bagaimana.

Dengan kata kunci tersebut, pengguna internet bisa langsung menemukan berita yang dicari secara tanpa harus membaca artikel yang panjang lebar, seperti yang saat ini tersedia di berbagai mesin pencari (search engine).

Adalah Yongky Kartika,  mahasiswa Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS) yang berhasil membuat program tersebut. Yongki memaparkan, untuk menggunakan Sonar, pengguna hanya tinggal mengetik kata kunci siapa, di mana, kapan, dan mengapa untuk menemukan artikel yang dicarinya. Tanpa harus  membaca artikel yang panjang , pengguna komputer bisa langsung menemukan berita yang dicari, dan langsung terpampang di kalimat pertama dengan warna yang berbeda.

"Misalnya kita mencari 'siapa' nama dewan pakar partai Nasdem. Dengan kata kunci 'siapa' tersebut, maka akan langsung menemukan nama orang yang dicari, tanpa harus membaca artikelnya, yaitu Hary Tanoesoedibjo," ujar Yongky, Kamis (30/8/2012)

Mahasiswa jurusan informatika angkatan 2008 ini mengaku, program buatannya masih memiliki kekurangan karena menggunakan sistem manual. Sistem ini mengharuskan Yongky memasukkan data atau berita secara manual sehingga membutuhkan waktu untuk mendapatkan berita terbaru. Seharusnya, kata Yongky, program ini bisa menggunakan program yang sudah terkoneksi dengan portal berita sehingga berita terbaru bisa langsung update. 

Gunawan, sang dosen pembimbing, berkata, untuk mengembangkan program Sonar ini Yongky harus mengunakan program tambahan yang bisa menghubungan dengan salah satu media online. "Dengan begitu, selain lebih update, berita yang diperoleh user juga lebih cepat diterima pembaca," ujar Gunawan.

Program berbasis internet dengan menggunakan bahasa Indonesia saat ini harus dikembangkan. Pasalnya, pengguna internet di Indonesia mencapai urutan ketujuh dunia. Program berbasis bahasa Indonesia ini akan lebih memudahkan pengguna dalam negeri sekaligus memberi wadah bagi  warga asing yang ingin memdalami bahasa Indonesia.(Nur Syafei/Sindo TV/rfa)
Share this post :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2012. Mahasiswa Indonesia - All Rights Reserved