Headlines News :
Home » » Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Juara Umum pada PSM Unismuh Makassar

Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Juara Umum pada PSM Unismuh Makassar

Written By Unknown on Kamis, 27 September 2012 | 08.11


image
Irwan Akib: "Seni merupakan media da’wah yang mengantarkan kita pada perenungan spiritual sekaligus mengaktualitaskan pesan-pesan etika dan estetika".
Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 14-17 September 2012 di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Ketua Panitia Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum. yang didampingi Kepala Humas Unismuh Abd. Wahab Saleh, dan Sekretaris Panitia Muhammad Tahir, mengungkapkan bahwa  pada kesempatan ini ada 21 Institusi PTM se-Indonesia yang beradu bakat di bidang kesenian, dan jenis perlombaan yang akan dipertandingkan terdiri dari 14 cabang seni yakni, baca Puisi, Menyanyi Pop Islami, Vokal Group Lagu Islami, Monolog, Musikalisasi Puisi, Penulisan Puisi, Tilawatil Qur’an, dan lukis batik.

Andi Sukri menambahkan, kegiatan ini adalah program dari PP Muhammadiyah dan yang pertama kalinya digelar, dan rencananya akan dijadwalkan menjadi ajang tahunan PP Muhammadiyah, selain sebagai ajang untuk menciptakan silaturahmi mahasiswa antar-Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia, juga sebagai wadah yang bertujuan untuk menciptakan dan membentuk karakter islami mahasiswa PTM dalam kaitannya dengan seni," kata Dekan FKIP Unismuh Makassar ini.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Seni Budaya dan Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Drs. H. Sukrianto AR, yang dalam amanahnya menegaskan bahwa Muhammadiyah harus mewujudkan Seniman Islami. Karena berdasarkan Al-qur’an dan sifat Allah yang Maha Indah dan menyukai keindahan berdasarkan kesenian yang dapat mengangkat martabat manusia. Selain itu, masalah budaya dan kesenian telah menjadi salah satu keputusan penting Muhammadiyah melalui Muktamar dibawa Majelis Koordinator Seni Budaya dan olahraga.

Sukrianto sangat mengharapkan, bahwa terpilihnya Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebagai penyelenggara PSM pertama diharapkan seperti matahari berjalan kebarat yang pada akhirnya bisa mewarnai Indonesia ini.

Sementara itu, Rektor Unismuh, Dr H Irwan Akib MPd. dalam sambutannya  sangat berterima kasih dan bersyukur, dan sangat apresiatif atas kepercayaan yang diberikan untuk pertama kalinya menggelar Pameran Kaligrafi tingkat Nasional dalam rangka pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa (PSM) Muhammadiyah tingkat Nasional di Universitas Muhammadiyah Makassar. Kami sangat apresiatif, karena gelar pameran kaligrafi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Muhammadiyah di Indonesia, sebagai wujud kreasi dan apresiasi estetik dengan nuansa Islamis. Olehnyanya itu, kami berharap, melalui PSM ini akan lahir seniman profesionalisme tingkat nasional dari kader Muhammadiyah sebagai media amar ma’ruf nahi Mungkar.

Lebih jauh, Rektor menjelaskan bahwa Seni merupakan media da’wah yang mengantarkan kita pada perenungan spiritual sekaligus mengaktualitaskan pesan-pesan etika dan estetika. Dan, gelar pameran kaligrafi ini merupakan momentum dalam mewujudkan kader-kader yang berprestasi, khususnya di bidang seni dan budaya.

Dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK) dewasa ini,lanjut Irwan Akib, kehadiran Seni sangat dibutuhkan dalam membentuk kreativitas yang lebih produktif. Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk kepedulian kami terhadap pengembangan Seni dan Budaya, di Universitas Muhammadiyah Makassar telah dibuka Program Studi Seni Rupa sejak tahun 2008, dengan status telah terakreditasi. Program studi ini merupakan satu-satunya disiplin ilmu yang telah ada dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Di samping itu, lebih lanjut Irwan Akib menjelaskan bahwa di Unismuh Makassar, ada UKM Seni dan Budaya Talas yang telah lama eksis dan memiliki posisi serta tempat tersendiri dalam mengembangkan potensi dan bakat seni mahasiswa Unismuh Makassar, yang hingga saat ini telah mengukir berbagai prestasi baik skala lokal maupun nasional bahkan telah tampil dalam skala internasional.

Prof. Dr. Ambo Asse, M.Ag yang dalam kesempatan tersebut mengatakan seni adalah keindahan, bagus, baik dan bisa menyenangkan, menggembirakan yang teidak merusak Aqidah, Ibadah, Akhlak dan Diri dan orang lain.

Dalam Pembukaan acara ini disemarakkan dengan berbagai pertunjukkan yang menampilkan tarian empat etnis untuk memperkenalkan empat etnis besar yang ada di Sulawesi Selatan yakni Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Selain itu, ada Tunrung Pakanjara, penampilan Maestro Gendang, Serang Dg Dakko yang berkolaborasi dengan mahasiswa dari UKM Seni Budaya Talas Unismuh.
Adapun PTM yang berlaga dalam ajang ini adalah:
    Universitas Muhammadiyah Palembang
    Universitas Muhammadiyah Malang
    Universitas Muhammadiyah Jakarta
    UM Surakarta-Solo Jawa Tengah
    Universitas Muhammadiyah Gresik Jawa Timur
    Universitas Muhammadiyah Mataram NTB
    STIKES Muh. Banjarmasin Kalimantan Selatan.
    Universitas Muhammadiyah Magelang Jawa Tengah
    Universitas Ahmad Dahlan DI Yogyakarta.
    Univ. Muh. Prof. DR. Hamka Jakarta
    UM Palu Sulawesi Tengah
    Univ. Muhammadiyah  Makassar
    STKIP Muh. Bone Sulsel
    UM Sukabumi Jawa Barat
    STAIM Kota Bima NTB
    STKIP Muh. Sampit Palangkaraya Kalteng.
    STIKES Muh. Pekajangan-Pekalongan Jawa Tengah
    UM Tangerang Provinsi Banten
    UM Purwokerto
    Politeknik Tegal Jawa Barat
    SKIP Muh. Sorong Papua Barat
    Universitas Muhammadiyah Metro Propinsi Lampung
Sementara tangkai lomba yang akan dilaksanakan adalah:
    Lomba Lukis Kaligrafi
    Lomba Penulisan Puisi
    Lomba Musikalisasi Puisi
    Lomba baca Puisi
    Lomba Penulisan Cerpen
    Lomba Nyanyi Pop Islami
    Lomba Vokal Group Lagu Islami
    Lomba Monolog
    Musabaqoh Tilawatil Qur’an
    Lomba Fotografi
    Lomba Lukis Batik
    Lomba Film Dokumenter
    Lomba Film Pendek
    Lomba Film Animas

 Pemerolehan Medali

 JUARA
NAMA UNIVERSITAS
        PEMEROLEHAN MEDALI
EmasPerakPerunggu
I
Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Yogyakarta
411
II
Universitas Muhammadiyah Malang
224
III
STAI Muhammadiyah Kota BIMA NTB
200
(Tim)
Sambutan lengkap Rektor dapat di download di sini
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Mahasiswa Indonesia - All Rights Reserved